PERCEPAT REALISASI PENINGKATAN JALAN LINGKAR CENINGAN, BUPATI SUWIRTA PIMPIN PENGUKURAN DAN SOSIALISASI WARGA

Kamis, 25/2/2021…..

Percepat Realisasi Peningkatan Jalan Lingkar Ceningan, Bupati Suwirta Pimpin Pengukuran dan Sosialisasi ke Warga

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta melakukan tinjauan lapangan rencana peningkatan jalan lingkar Nusa Ceningan dan penataan sejumlah kawasan di Desa Jungutbatu, Kecamatan Nusa Penida, Kamis (25/2). Bupati Suwirta bersama Kepala Dinas PUPRPKP Made Jati Laksana dan sejumlah stafnya mengawali kegiatan di Pulau Nusa Ceningan dengan melakukan pengukuran, perhitungan jarak sekaligus melakukan sosialisasi dengan warga setempat pemilik lahan.

“Pembangunan Pelabuhan Bias Munjul, di Nusa Ceningan sudah dimulai, namun Nusa Ceningan belum memiliki jalan yang representatif. Bahkan ada jalan desa diatas bukit yang belum tersentuh perbaikan. Selain itu akses jalan menuju jembatan belum final terutama masalah asetnya. Untuk itu Sebelum membuat perencanaan yang akan diusulkan kepusat atau dengan menggunakan APBD, maka akan kita pastikan dulu,” ujar Bupati Suwirta.

Dalam perjalanannya mengelilingi pulau Nusa Ceningan menggunakan mobil, sesekali Bupati Suwirta berjalan kaki guna mengukur lebar jalan dan memastikan arah jalan. Bupati Suwirta juga menyempatkan berbincang dengan beberapa pemilik lahan yang ditemuinya, guna melakukan sosialisasi rencana peningkatan jalan lingkar ini.

Usai keliling, Bupati Suwirta lanjut perintahkan Dinas PU supaya secepatnya turun lagi kelapangan, untuk mendata aset dan langsung memberi tanda patok. Jika terjadi masalah, dirinya mengaku siap akan berkomunikasi langsung dengan warga supaya mau merelakan lahannya, sehingga tidak terjadi permasalahan dalam pekerjaan jalan ini.

Sejumlah objek yang berada di Pulau Ceningan seperti Batu Melawang dan Butun juga akan diperbaiki dan dibuatkan jalan. Begitu pula jalan menuju Pura Buu yang merupakan pura tempat melukat akan dibuatkan jalan. “Intinya saya minta dukungan warga yang memiliki lahan supaya merelakan dan tidak mempersulit proses pembebasan lahan demi kepentingan yang lebih besar,” pungkasnya.

Sementara itu Kadis PUPRPKP, I Made Jati Laksana menyebutkan panjang jalan lingkar bawah dari Bias Munjul menuju jembatan kuning sekitar 1,3 kilometer, sedangkan panjang jalan lingkar atas sekitar 3,9 kilometer. “Awalnya lebar jalan direncanakan 7 meter, namun karena terkendala lahan hanya didapatkan lebih kurang 6 meter termasuk bahu jalan. Rencanamya akan diusulkan ke balai atau pusat, tapi kalau anggaran daerah mencukupi akan di laksanakan oleh daerah. Semoga tahun 2022 kegiatan ini sudah bisa dimulai,” ujar Made Jati.

Setelah meninjau jalan lingkar Nusa Ceningan, rombongan Dinas PUPRPKP yang dipimpin Kadis Made Jati Laksana dengan diantarkan Perbekel Desa Jungutbatu selanjutnya pada Jumat (26/2) meninjau sejumlah kawasan di Desa Jungutbatu yang akan dijadikan objek penataan. Diantaranya penataan parkir Batan Kepah dengan lahan sekitar 30 are beserta tanggul pantainya, peningkatan jalan depan Mahagiri Hotel, penataan Pantai Mahagiri, penataan rompok rompok diarea mangrove, pengajuan ruas jalan di Klatak, penataan lapangan voli Jungutbatu serta penataan TPA Jungutbatu yang akan dimanfaatkan menjadi TOSS.

SALAM GEMA SANTI

Tinggalkan komentar