BUKA PELATIHAN WIRA USAHA BARU

Buka Pelatihan Wira Usaha Baru , Bupati Suwirta Dorong Warga Disiplin Prokes Untuk Raih Kepercayaan Wisatawan

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta bersama Ketua TP-PKK, Ny Ayu Suwirta dan Camat Nusa Penida, Komang Widyasa Putra membuka pelatihan wira usaha baru di wilayah Kecamatan Nusa Penida, Senin (22/3). Bupati Suwirta mengatakan, Kegiatan ini sebagai upaya untuk memperkuat SDM menyambut dibukanya kembali pariwisata di Bali.

“Keindahan alam Nusa Penida semua orang sudah tahu, tapi apalah artinya keindahan alam tanpa didukung oleh kwalitas SDM. Untuk itu, kali ini Pemda Klungkung berupaya menggenjot SDM yang akan menggerakkan usaha pariwisata, supaya mempunyai keunggulan. Dengan menciptakan wirausaha/enterpreneur, UMKM dan menciptakan SDM yang memiliki kompetensi dibidang pengelolaan pariwisata,” ujar Bupati Suwirta.

Lebih lanjut Bupati Suwirta menambahkan, untuk mengembalikan pariwisata seperti 2 tahun sebelum pandemi covid-19, maka diperlukan kepercayaan dari wisatawan. Kuncinya adalah percepatan vaksinasi dan ketaatan penerapan protokol kesehatan. Menurutnya, jika warga tidak taat menggunakan Prokes utamanya penggunaan masker, maka Nusa Penida akan dipandang tidak peduli dengan kesehatan.

Untuk itu pihaknya mewanti wanti supaya semua pihak menerapkan protokol kesehatan agar bisa menumbuhkan kepercayaan wisatawan untuk berkunjung ke Klungkung.

Sementara itu kepala dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja, I Wayan Sumarta mengatakan, di Nusa Penida tengah gencar dilaksanakan pelatihan usaha baru. Diantaranya pelatihan sablon di Desa Batumadeg dengan peserta berjumlah 15 orang dan pelatihan pembuatan souvenir di Desa Kutampi Atas sebanyak 20 peserta. Selain mendapatkan pelatihan para peserta juga memperoleh bantuan alat penunjang usaha seperti peralatan sablon dan peralatan kerajinan untuk masing-masing kelompok usaha.

Wayan Sumarta menambahkan, kegiatan tidak akan berhenti sampai pada pelatihan saja namun akan dilanjutkan dengan pemantauan baik dalam hal produksi hingga pemasaran.

SALAM GEMA SANTI

(NP, 22/03/2021)
Sumber : Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kab. Klungkung

Tinggalkan komentar