PELETAKAN BATU PERTAMA PEMBANGUNAN GEDUNG MDA KABUPATEN KLUNGKUNG

Minggu, 21/2/2021…..

Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung MDA Kabupaten Klungkung

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta mendampingi Gubernur Bali, Wayan Koster, Ketua Majelis Desa Adat (MDA) Provinsi Bali, Ratu Ida Penglingsir Agung Putra Sukahet serta Ketua DPRD Klungkung, Anak Agung Anom melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung Majelis Desa Adat (MDA) Kabupaten Klungkung, di jalan by pass Ida Bagus Mantra wilayah Banjar Lepang, Desa Takmung Kecamatan Banjarangkan, Minggu (21/2). Dibangun di atas lahan seluas 10 are milik Pemerintah Provinsi Bali, gedung ini rencananya memiliki dua lantai dengan arsitektur Bali.
Gubernur Bali, Wayan Koster mengatakan, pembangunan gedung MDA ini merupakan salah satu bentuk penguatan terhadap desa adat di Bali. MDA berfungsi memfasilitasi dan menyelesaikan masalah masalah di desa adat serta melakukan pengawasan dan pembinaan dalam kaitan dengan penyusunan awig-awig dan perarem. Desa adat diharapkan kedepan juga bisa mengikuti perkembangan jaman dan dengan tata kelola yang modern. Dengan gedung ini diharapkan MDA Kabupaten bisa menjalankan fungsinya dengan baik sesuai Perda Desa Adat.
Lebih lanjut Gubernur Wayan Koster menjelaskan, prosesi nasarin atau peletakan batu pertama ini merupakan yang terakhir dari seluruh kabupaten/kota di Bali. Tujuh gedung sudah selesai dan akan segera diresmikan penggunanya, sedangkan dua lainnya sedang dalam proses pengerjaan, seperti di Klungkung dan Badung. Kedepannya kantor MDA juga dilengkapi dengan pegawai administrasi yang berasal dari tenaga kontrak provinsi, para perawat gedung, dana operasional serta mobil operasional. Sedangkan pembangunan gedungnya dibantu dengan CSR dari Waskita.

SALAM GEMA SANTI

Tinggalkan komentar